200 ml Berapa Gelas? Begini Cara Menghitung dan Takaran Standarnya

Mar 26, 2023
Perawatan Kecantikan

Saat memasak atau membuat minuman, seringkali kita menemui ukuran berbeda untuk bahan-bahan tertentu. Salah satunya adalah ketika kita disuruh menggunakan 1 gelas belimbing, pasti kita bertanya-tanya seberapa banyak sebenarnya beratnya dalam gram atau volumenya dalam mililiter (ml). Begitu juga dengan sebuah gelas kosong biasa, berapa milliliter cairan yang dapat ditampungnya? Jika Anda penasaran dengan pertanyaan ini, simak penjelasan di bawah ini.

1 Gelas Belimbing Berapa Gram?

Untuk mengonversi 1 gelas belimbing ke gram, pertama kita perlu memahami berat standar satu gelas belimbing. Beratnya sekitar 125 gram. Maka, ketika resep meminta satu gelas belimbing, artinya kita harus menggunakan sekitar 125 gram bahan tersebut.

1 Gelas Berapa ml?

Setiap gelas memiliki ukuran standar masing-masing, namun secara umum, gelas standar yang sering digunakan memiliki kapasitas sekitar 200 mililiter. Dengan demikian, ketika resep meminta untuk menggunakan 1 gelas, Anda bisa mengukurnya sekitar 200 ml.

1 Gelas Kopi Berapa ml?

Berbeda dengan gelas biasa, gelas kopi seringkali memiliki ukuran yang lebih kecil. Sebuah gelas kopi biasanya berkapasitas sekitar 100 mililiter, karena kopi disajikan dalam porsi yang lebih kecil dibanding minuman lainnya. Jadi, jika Anda disuruh menggunakan satu gelas kopi, Anda bisa mengisi sekitar 100 ml cairan.

Cara Menghitung dan Takaran Standar

Untuk menghitung takaran secara akurat, sebaiknya gunakan alat ukur yang tepat seperti timbangan atau gelas ukur. Jika tidak memiliki alat ukur, Anda bisa memanfaatkan referensi standar seperti gelas belimbing atau gelas kopi untuk mendapatkan takaran yang mendekati.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 gelas belimbing berapa gram, berapa ml, serta takaran standarnya. Dengan informasi ini, Anda dapat lebih mudah mengikuti resep masakan atau minuman yang ada tanpa harus bingung dengan ukuran bahan yang digunakan.